-->

Keren Gaes! Ini Lho Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Yang Baru | Edisi Baru Tahu


Walaupun sangat telat, aku baru mengetahuinya ternyata Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengumumkan pemenang sayembara desain ibu kota baru di Auditorium Kementerian PUPR, Senin 23 Desember 2019. Pengumuman pemenang ini telah melalui serangkaian penjurian yang dimulai dari tanggal 9-13 Oktober 2019 dan juga telah dipresentasikan di hadapan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)lho. Dari serangkaian penjurian tersebut terpilihlah lima gagasan desain kawasan ibu kota negara (IKN) terbaik yakni:
  • Juara Harapan II: Banua Rakyat berhak mendapatkan hadiah Rp 250 juta
  • Juara Harapan I: Zamrud Khatulistiwa berhak mendapatkan hadiah Rp 500 juta
  • Juara III: Seribu Galur berhak mendapatkan hadiah Rp 1 miliar
  • Juara II: The Infinite City berhak mendapatkan hadiah Rp 1,25 miliar
  • Juara I: Nagara Rimba Nusa berhak mendapatkan hadiah I Rp 2 miliar
Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H Sumadilaga selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, para pemenang ini mengalahkan 255 peserta dalam dan luar negeri yang memberikan gagasan desain kawasan IKN dari total 755 peserta terdaftar.

Sementara itu, dikutip dari Detik.com, Juara I Sayembara Desain Ibu Kota Yang Baru yang bertajuk “Nagara Rimba Nusa”, didesain oleh perusahaan Urban+ yang didirikan oleh Sofian Sibarani.

Sofian mengatakan jika Tim yang mendesain konsep IKN ini terdiri dari 10 anggota dan para anggota tersebut ada yang sudah berpengalaman bekerja di luar negeri seperti di Hong Kong, Singapura, dan juga Malaysia. Em pasti dah berpengalaman ye gaes.

Konsep dari “Nagara Rimba Nusa” sendiri adalah menyandingkan antara manusia dan alam, yang mana salah satu tidak menguasai yang lain. Intinya jangan sampai manusia yang ada di ibu kota baru juga kembali mengorbankan alam.

Sofian dan tim membutuhkan waktu setidaknya sebulan untuk menyelesaikan desain ibu kota yang baru. Tim yang beranggotakan 10 orang tersebut mulai bekerja merancang desain IKN “Nagara Rimba Nusa” mulai dari Oktober 2019 dan dikumpulkan di bulan November 2019.

Sementara itu, desain IKN yang baru yakni “Nagara Rimba Nusa” juga sudah bisa kamu lihat melalui Channel YouTube KamenPU. Video yang memperlihatkan bagaimana eloknya desain IKN yang baru karya Urban+ inipun mendapat banyak tanggapan positif. Banyak warganet memuji karya desain IKN dari Urban+ ini paling dekat dengan identitas negara Indonesia. Sederhana tapi eksotis. Keberagaman yang berlandaskan Bhineka Tunggal Ika. Yuk lihat yuk...

 



Labels: Catatan Lainnya, Greget

Thanks for reading Keren Gaes! Ini Lho Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Yang Baru | Edisi Baru Tahu. Please share...!

1 Komentar�Cekidot! on Keren Gaes! Ini Lho Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Yang Baru | Edisi Baru Tahu

  1. Wynn Palace - Las Vegas - MapYRO
    Find 수원 출장안마 Wynn 수원 출장안마 Palace (www.wynnlasvegas.com) location in 경상북도 출장안마 Las Vegas, NV, United 양주 출장마사지 States, revenue, 보령 출장샵 industry and

    ReplyDelete

Nyok Sharing Gaes...

Back To Top