-->

Hubungan Gempa di Lombok dengan Gempa disertai Tsunami di Palu-Donggala Sulawesi Tengah


Inalillahiwainailaihirojiun. Telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan: 7.7 SR, 27 km Timur Laut DONGGALA-PALU-SULTENG. Doa untuk saudara-saudara kita di Palu dan sekitarnya. Tabah, kuat, dan kita selalu bersama. Doa untuk Indonesia.Aminnn...

https://sibocahlaliomah.blogspot.com/2018/09/bencana-gempa-dan-tsunami-indonesia.html 

Belum lama kita berduka karena gempa 7 SR di Lombok dan sekarang terjadi lagi. Ada apa dengan indonesia? Pada Alam Indonesia? Penduduk Indonesia?...

Cobaan bagi yang tertimpa musibah dan peringatan bagi kita yang mengetahuinya. Pasti, dan tidak bisa dipungkiri lagi. Ini adalah seperti sebuah tanda, tapi aku pun tidak tahu menahu.

Sekali lagi dan lagi, semoga korban yang tertimpa musibah yang lalu, kemarin dan hari ini terutama untuk korban Gempa Lombok dan Tsunami Palu dan Donggala diberi ketabahan, kekuatan dan sehat selalu dalam menghadapi cobaan ini. Aminnn..

Tentu kita semua momohon dan meminta yang terbaik untuk sekarang dan di kemudian hari. Dan alangkah lebih baik kita bisa membantu mereka walau hanya sebatas doa, lebih baik lagi berupa barang atau apapun yang bisa bermanfaat untuk mereka.

Namun apakah ada hubungan antara gempa di Sulawesi Tengah itu dengan di Lombok yang saat ini sedang dalam masa recoverey pasca gempa 7 SR yang terjadi pada 5 Agustus 2018 lalu?

Pakar Geologi yang saat ini menjadi dosen di Fakultas Tehnik Sipil Universitas Mataram jebolan University Of South Australia, Dr Didi S Agustawijaya menjelaskan bahwa memang secara global sumber gempa berasal dari lempeng yang sama yakni plate tectonic pasific yang kini mengaktifkan sesar Palu-Koro yang memotong Sulawesi.

“Lempeng tersebut merupakan lempeng pasific yang berada di timur Indonesia,” katanya saat dihubungi kicknews.today, Jum’at (28/9).

Namun menurutnya, Lombok sudah melewati masa kegempaannya dan saat ini menuju silent atau masa tidur.

“Gempa di Sulteng kemungkinan tidak akan mempengaruhi Lombok meski sangat dekat karena Lombok sudah duluan,” ujarnya.

Dia menambahkan mengenai karakter gempa, kemungkinan berbeda karena di Sulawesi sesarnya di darat memotong Sulawesi, dan itu sesar utamanya ialah sesar jurus (strike-slip fault). (red. liputan6.com)




Labels: Catatan Lainnya

Thanks for reading Hubungan Gempa di Lombok dengan Gempa disertai Tsunami di Palu-Donggala Sulawesi Tengah. Please share...!

0 Komentar untuk "Hubungan Gempa di Lombok dengan Gempa disertai Tsunami di Palu-Donggala Sulawesi Tengah"

Nyok Sharing Gaes...

Back To Top